Brigade Tanggap Bencana KSPSI Siapkan Posko Mudik Lebaran 2024

by -51 Views

Minggu, 12 April 2024 – 23:24 WIB

Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang dipimpin oleh Andi Gani Nena Wea melalui Brigade Tanggap Bencana turut aktif dalam arus mudik Lebaran 2024. Posko mudik dibuka di beberapa titik mulai dari Karawang (gerbang tol Cikampek dan KM 5), Purwakarta (gerbang tol Ciganea), Subang (gerbang tol Kalijati), dan Sumedang (Jalan Raya Rancaekek KM 23).

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea menjelaskan, tim ini telah terlatih di lapangan untuk penanganan kondisi darurat. Total anggota Brigade Tanggap Bencana KSPSI yang diterjunkan mencapai sekitar 40 orang. “Anggota Brigade sangat terlatih di lapangan karena telah mendapatkan pelatihan khusus dari Basarnas, Damkar, dan instansi lain dalam hal penanganan kedaruratan medis, pencarian, pertolongan, dan penyelamatan,” kata Andi Gani, Jumat, 12 April 2024.

Brigade Tanggap Bencana KSPSI, lanjut Andi Gani, telah berpengalaman dalam berbagai penanganan musibah di Indonesia seperti Gempa Aceh, Gempa Lombok, Gempa Palu, banjir, dan pertolongan darurat lainnya. Dia menjelaskan bahwa Brigade KSPSI dibentuk langsung olehnya pada tahun 2012 dengan tujuan memperkuat kedisiplinan, loyalitas, dan militansi terhadap organisasi KSPSI.

Pada momen mudik Lebaran ini, Brigade Tanggap Bencana KSPSI bertugas dari 3 hingga 15 April 2024. Andi Gani mengimbau agar para pemudik selalu menjaga diri agar tidak kelelahan karena dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri, padahal keluarga di rumah sudah menanti. “Hati-hati di jalan, jika kelelahan, silakan menepi atau mampir di posko,” ucapnya.