Gerindra Sebut Dasco dan Puan Berperan Penting dalam Mempercepat Rekonsiliasi Politik

by -57 Views

Kamis, 11 April 2024 – 21:30 WIB

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menganggap hubungan antara Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sangat akrab. Menurutnya, keduanya memiliki komunikasi yang sangat baik.

“Ketika bertemu dengan Mbak Puan, Pak Dasco, kalau ingin disebut sebagai second line, di sana ada Mbak Puan, di sini ada Pak Dasco. Pak Dasco dan Mbak Puan memiliki komunikasi yang sangat baik,” kata Habiburokhman kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 11 April 2024.

Habiburokhman menambahkan, Dasco dan Puan terlihat akrab saat berbincang menggunakan bahasa Palembang saat jeda rapat paripurna beberapa waktu lalu.

“Ketika saya ngobrol kemarin, saat paripurna itu, saya di podium untuk laporan LPSK menunggu waktu, saya mendengar keduanya sangat akrab menggunakan bahasa kami, bahasa Palembang, menunjukkan keakraban dan kedekatan yang luar biasa,” katanya.

Maka dari itu, Habiburokhman berharap kedekatan antara Dasco dan Puan Maharani dapat menjadi jembatan rekonsiliasi politik antara PDIP dan Gerindra.

“Meskipun hal tersebut bersifat personal, namun karena keduanya adalah petinggi dari dua koalisi, saya rasa hal tersebut menjadi faktor dalam mempercepat proses rekonsiliasi ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani menyatakan bahwa partainya saat ini belum menentukan sikap politik ke depan, apakah akan tetap berada dalam koalisi pemerintahan atau menjadi oposisi di luar pemerintahan.

Puan menjelaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Oleh karena itu, PDI Perjuangan tidak ingin terburu-buru menentukan sikap politik dalam waktu dekat.

“Masih lama waktu pelantikan Presiden (baru). Oktober masih lama, jadi kita harus sabar,” kata Puan Maharani yang juga merupakan Ketua DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 4 April 2024.