Kru Sudah Peringatkan Masalah Listrik di Kapal Sebelum Tabrak Jembatan Baltimore

by -59 Views

Selasa, 26 Maret 2024 – 22:40 WIB

Washington – Kru kapal kontainer besar yang menabrak jembatan Francis Scott Key di Baltimore, pada Selasa pagi, 26 Maret 2024, telah memberikan peringatan tentang masalah listrik sebelum tabrakan, yang menyebabkan jembatan tersebut runtuh ke Sungai Patapsco. Dalam kejadian tersebut, setidaknya 6 orang masih dinyatakan hilang dan dalam proses pencarian.

“Setidaknya enam orang yang diyakini sebagai bagian dari kru konstruksi yang sedang memperbaiki lubang di jembatan masih belum ditemukan,” kata Menteri Transportasi Maryland, Paul J. Wiedefeld dalam konferensi pers.

Dua orang lainnya berhasil ditarik dari Sungai Patapsco, kata Kepala Pemadam Kebakaran Kota Baltimore James Wallace. “Salah satu dari mereka tidak terluka dan yang lainnya dibawa ke pusat trauma setempat dalam kondisi yang sangat serius,” ujarnya, dikutip dari CNN Internasional.

Gubernur Maryland Wes Moore menambahkan bahwa peringatan dari kru kapal, jika diperhatikan, dapat menyelamatkan nyawa orang-orang. “Saya berterima kasih kepada orang-orang yang, ketika peringatan itu muncul, dan ketika ada pemberitahuan bahwa akan terjadi mayday, mereka benar-benar mampu menghentikan kapal agar tidak melewati jembatan, orang-orang ini adalah pahlawan,” kata Moore.

Sementara itu, beberapa kendaraan diyakini terjatuh ke dalam air, termasuk satu kendaraan berukuran traktor-trailer. “Kami menghadapi tragedi yang tak terkatakan,” kata Wali Kota Baltimore Brandon Scott kepada CNN.

Pekerja konstruksi yang dikontrak oleh badan transportasi negara sedang melakukan perbaikan di jembatan pada saat jembatan tersebut runtuh, kata Menteri Transportasi Maryland Paul Wiedefeld. Kapal yang menabrak jembatan sebelum pukul 1:30 pagi adalah kapal DALI, kapal kontainer berbendera Singapura.

Saat ini, tidak ada awak kapal yang terluka, kata perusahaan manajemen kapal Synergy Group dalam sebuah pernyataan. Berbagai lembaga juga sedang menyelidiki kecelakaan tersebut, meskipun tidak ada indikasi bahwa kecelakaan tersebut disengaja, kata Komisaris Polisi Baltimore Richard Worley.

Jembatan empat jalur sepanjang 1,6 mil ini membentang di atas Sungai Patapsco dan berfungsi sebagai penyeberangan terluar pelabuhan Baltimore dan penghubung penting I-695, atau Baltimore Beltway.