KPU Belum Mengumumkan Hasil Pemilu 2024 Malam Ini

by -94 Views

Senin, 18 Maret 2024 – 20:14 WIB

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa mereka belum akan mengumumkan dan menetapkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 pada hari ini, Senin, 18 Maret 2024. Alasannya adalah karena pihak KPU masih akan melakukan proses rekapitulasi penghitungan suara dari 3 provinsi yaitu Maluku, Papua, dan Papua Pegunungan pada Selasa besok, 19 Maret 2024.

“Kita masih fokus pada rekapitulasi di sana. Jadi penetapan nasional belum dilakukan hari ini,” kata anggota KPU RI, August Mellaz, kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024.

Mellaz menyadari bahwa ada dinamika selama proses rekapitulasi daerah berlangsung yang membuat rekapitulasi di pusat terhambat. Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa rekapitulasi dari tiga provinsi tersebut sudah selesai dan tinggal dibawa ke Jakarta.

“(Kendalanya) hanya masalah teknis. Proses rekapitulasi di Jawa Barat seharusnya dilakukan pagi ini tapi karena ada proses pencermatan maka dijadwalkan lagi pada malam nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari telah menetapkan bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Keputusan tersebut disahkan oleh Hasyim berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 wilayah luar negeri di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, pada Senin, 18 Maret 2024.

Hasil rekapitulasi di Kuala Lumpur, Malaysia, diumumkan langsung oleh anggota KPU RI, Idham Holik. Pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan suara terbanyak dengan total 6.266 suara, diikuti oleh pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan 4.674 suara. Sementara pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD nomor urut 3 berada di posisi terakhir dengan 1.134 suara.