Menteri Basuki Siap Pindah ke Rumah Dinas di IKN yang Telah Selesai July 2024

by -95 Views

Rabu, 13 Maret 2024 – 14:45 WIB

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan rumah dinasnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah selesai. Dia siap untuk pindah ke rumah dinas barunya pada pertengahan tahun 2024.

“Rumah saya sudah selesai. Insya Allah bulan Juli saya akan pindah ke rumah dinas di IKN,” kata Basuki kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

Basuki juga membantah rumor bahwa rumah menteri di IKN dilengkapi dengan fasilitas mewah. Dia menyatakan bahwa fasilitas rumah menteri di IKN sama seperti rumah pada umumnya, dilengkapi dengan kamar tidur hingga ruang rapat.

“Tidak mewah. Fasilitasnya biasa, terdapat kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan ruang rapat,” ujarnya.

Selain itu, Basuki juga menyatakan bahwa rumah menteri di IKN memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan rumah dinas di Widya Chandra, Jakarta Selatan. Rumah dinas menteri di IKN dibangun dengan konsep “compact city.”

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengungkapkan bahwa rumah menteri di IKN tidak lebih luas dari rumah dinas di Widya Chandra, Jakarta Selatan setelah mendapat protes dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Hal tersebut disampaikan oleh Basuki sebagai respons terhadap isu bahwa rumah menteri di IKN dianggap mewah. Basuki menegaskan bahwa ukuran rumah menteri di IKN lebih kecil daripada rumah dinas di Widya Chandra, Jakarta Selatan.