Pengamat Politik Amini Jokowi, Bintang 4 untuk Prabowo Tak Politis Diberi Usai Pemilu

by -243 Views

Jakarta – Pengamat Politik Ujang Komaruddin menganggap bahwa pemberian gelar jenderal bintang empat yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Prabowo Subianto tidak bersifat politis.

Menurutnya, Prabowo layak untuk menerima penghargaan tersebut karena telah memberikan banyak jasa kepada bangsa dan negara Indonesia. Terlebih lagi, Prabowo seharusnya telah menerima penghargaan tersebut sejak tahun 2022.

Pada tahun 2022, Prabowo telah dianugerahi empat tanda kehormatan militer utama, yaitu Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

“Ketika menyangkut penyerahan bintang empat kepada Prabowo, itu bukanlah hal politis, itu adalah sesuatu yang layak dan seharusnya diberikan kepada Pak Prabowo,” kata Ujang.

Seperti yang diketahui, Jokowi secara langsung memberikan kenaikan pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo saat Rapim TNI & Polri yang diadakan di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu (28/2).

Ujang juga mencatat bahwa Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah menerima penghargaan yang sama selama masa kepresidenan Megawati Soekarnoputri, begitu juga dengan Luhut Binsar Panjaitan saat kepemimpinan Presiden keempat Abdurrahman Wahid.

“Lihatlah, Pak SBY juga pernah mendapat, jika tidak salah Pak Luhut juga pernah. Pada masa lalu, banyak jenderal bintang tiga yang kemudian mendapat bintang empat sebagai tanda kehormatan dari pemerintah dan negara, hal ini merupakan penghormatan bagi yang bersangkutan,” ujar Ujang.

Ujang menegaskan bahwa pemberian kenaikan pangkat dan tanda kehormatan tersebut murni sebagai pengakuan atas kerja keras Prabowo terhadap bangsa Indonesia dan tidak ada kaitannya dengan politik.

“Jadi, sangat jelas bahwa pemberian bintang empat kepada Prabowo bukanlah hal politis, jadi jangan mengaitkannya dengan politik. Pemberian tanda kehormatan kepada Prabowo dilakukan setelah Pemilu karena Prabowo telah banyak berjasa kepada bangsa dan negara,” tutupnya. (SENOPATI)

Sumber:

Source link