Indikator Politik Ungkap Alasan Prabowo Subianto-Gibran Unggul Telak di Pilpres: Pemilih Muda

by -71 Views

Jakarta – Indikator telah merilis analisis dari hasil exit poll Pemilihan Presiden 2024, Rabu (21/2) yang menemukan alasan mengapa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Peneliti utama Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa terdapat kesalahan asumsi bahwa pemilih generasi muda memiliki kemungkinan kecil dalam menggunakan hak pilih. Namun, Indikator menemukan bahwa generasi muda yang menggunakan hak pilih mereka pada 14 Februari justru melebihi proporsi nasional.

“Dari generasi Z yang menggunakan hak pilihnya dalam sampel kami sebesar 23%. Sementara proporsi nasionalnya adalah 22%. Ini menunjukkan bahwa asumsi yang menyatakan generasi muda cenderung golput tidak benar. Faktanya, dari responden yang kami wawancarai dalam exit poll ini jumlahnya lebih besar daripada proporsi nasional. Bahkan jika kita gabungkan, ada sebanyak 58,7% (total generasi Z dan milenial),” jelas Burhanuddin.

Menurut Burhan, faktor ini menjadi salah satu alasan mengapa Prabowo-Gibran unggul dalam pemilihan. Burhanuddin menyatakan bahwa pendukung pasangan tersebut hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Terutama dari kalangan muda. Semakin muda pemilih, semakin memilih Pak Prabowo. Dan ternyata generasi Z dan milenial dalam jumlah yang lebih besar dari proporsi nasional menggunakan hak pilih mereka pada tanggal 14 Februari kemarin,” katanya.

“Kami memiliki bukti mengapa Pak Prabowo unggul, salah satunya adalah dukungan dari kelompok muda yang hadir lebih banyak. Justru yang banyak yang golput berasal dari pendidikan kelas menengah bawah,” tambahnya.

Exit poll Indikator Politik dilakukan di 3.000 TPS yang tersebar di seluruh wilayah pemilihan. Sampel dipilih dengan metode stratified two-stage random sampling. Sebanyak 2.975 responden diwawancarai.

Tingkat toleransi kesalahan atau margin of error adalah +/- 1,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Exit poll sendiri adalah metode untuk mengetahui pendapat publik yang dilakukan segera setelah seseorang keluar dari bilik suara di TPS. Umumnya, pertanyaan yang diajukan tidak terlalu banyak. Namun, salah satu informasi yang dikumpulkan dalam exit poll adalah alasan pemilih dalam memilih sehingga distribusi suara pemilih dapat dipahami lebih dalam. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/indikator-politik-ungkap-alasan-prabowo-subianto-gibran-unggul-telak-di-pilpres-pemilih-muda/

Source link