Menko Polhukam Tidak Membahas Pertemuan Antara Jokowi dan Megawati Ketika Bertemu dengan Sri Sultan HB X

by -75 Views

Sabtu, 24 Februari 2024 – 06:40 WIB

Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X, di Keraton Kilen, Kompleks Keraton Yogyakarta, pada Jumat, 23 Februari 2024 malam. Pertemuan antara Sultan dan Hadi ini diselenggarakan secara tertutup tanpa adanya media.

Hadi tiba di Keraton Kilen sekitar pukul 18.40 WIB. Selama kurang lebih dua jam, Hadi dan Sultan HB X berbincang di Keraton Kilen.

Setelah bertemu dengan Sultan HB X, mantan Panglima TNI ini menyatakan bahwa tujuan kedatangannya ke Keraton Kilen adalah untuk bersilaturahmi dengan Raja Keraton Yogyakarta. Hadi mengungkapkan bahwa dalam pertemuan itu, ia meminta masukan dari Sultan HB X karena baru saja dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan oleh Presiden Jokowi.

Hadi menegaskan bahwa pertemuan dengan Sultan HB X tidak membahas rencana mediasi antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Hadi menyatakan bahwa mereka hanya datang untuk bersilaturahmi dan bahwa selalu menjalin hubungan baik dengan Sultan HB X.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah bertemu dengan Sultan HB X di Keraton Kilen. Salah satu isi pertemuan tersebut adalah permintaan Jokowi kepada Sultan HB X untuk menjadi perantara pertemuannya dengan Megawati.

Permintaan Jokowi ini pun dikonfirmasi oleh Sultan HB X. Sultan mengakui bahwa ia diminta untuk menjadi jembatan dalam pertemuan kedua tokoh tersebut. Sultan menegaskan bahwa jika Presiden memerlukan bantuannya sebagai mediator, ia bersedia untuk melakukannya.

Halaman Selanjutnya

“Kami hanya datang untuk silaturahmi saja. Itu seperti biasa saya lakukan, saya selalu sowan pada Ngarsa Dalem (Sultan HB X),” imbuh mantan Menteri ATR/BPN.