Banjir Melanda Akses Ciledug-Jakarta, Mengakibatkan Lumpuhnya Lalu Lintas di Kedua Arah

by -102 Views

Rabu, 14 Februari 2024 – 08:03 WIB

Jakarta – Curah hujan yang tinggi di Jakarta dan sekitarnya sejak dini hari Rabu, 14 Februari 2024, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir dan memutus akses antar wilayah.

Hal yang serupa terjadi di kawasan Ciledug, tepatnya di depan SPBU Pertamina Puri Beta, Ciledug, Banten.

Pantauan VIVA di lokasi, tinggi banjir mencapai 50-70 cm, sehingga melumpuhkan akses antara wilayah Ciledug dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Wagito (50), warga Karang Tengah, Ciledug, mengatakan bahwa intensitas hujan lebat dengan durasi cukup lama seperti dini hari tadi, dapat dipastikan membanjiri kawasan tersebut.

Nahasnya, peristiwa ini bertepatan dengan hari pemungutan suara Pilpres 2024, yang seharusnya masyarakat memenuhi TPS untuk memberikan hak pilihnya.

Wagito menyebutkan bahwa jika hujan hanya menyisakan gerimis seperti saat ini, banjir diperkirakan akan surut dalam 3-4 jam ke depan, sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, jika hujan kembali deras, banjir diperkirakan akan lebih lama surutnya.

Sejumlah anggota TNI dari Koramil bersama warga, telah memadati lokasi banjir di kawasan Puri Beta. Terlihat sejumlah pengendara motor dan mobil harus memutar arah, demi menghindari banjir di akses wilayah Ciledug-Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Saat ditanya kapan sekiranya banjir seperti ini akan surut, Wagito mengatakan apabila hujannya hanya menyisakan gerimis seperti saat ini, maka banjir di kawasan tersebut baru akan surut dalam rentang waktu 3-4 jam ke depan, atau sekitar pukul 10.00 WIB.