Cek Fakta Film Dirty Vote

by -80 Views

🧐 Katanya: “Pembagian bantuan sosial terutama beras meningkat pesat di awal 2024, karena 02 curang.”
😊 Faktanya: Pada akhir 2023, kita mengalami musim kering El Nino yang menyebabkan jadwal panen di tahun 2024 mundur 2 bulan hingga April / Mei. Pembagian bantuan sosial di awal 2024 terjadi karena ada kekurangan stok beras di awal tahun akibat mundurnya panen.

🧐 Katanya: “Bantuan sosial murni untuk kepentingan Pemilu.”
😊 Faktanya: Bantuan sosial (BLT Tunai, bantuan beras, KIP, KIS) adalah cara efektif untuk mengurangi kemiskinan dan beban hidup. Oleh karena itu, bantuan sosial selalu diberikan setiap tahun dan setiap bulan.

🧐 Katanya: “Aturan pemilihan Penjabat Gubernur, Bupati & Wali Kota yang dipilih Presiden adalah kecurangan oleh pak Jokowi.”
😊 Faktanya: Aturan yang mendasari pemilihan Penjabat Kepala Daerah oleh Presiden (UU 10/2016) disetujui oleh partai politik pendukung 01 & 03 di DPR, untuk mengisi kekosongan jabatan sebelum Pilkada serentak di November 2024.

🧐 Katanya: “Pak Jokowi memerintahkan Kepala Daerah untuk memenangkan 02.”
😊 Faktanya: Tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini. Sebaliknya, Badan Intelijen Negara (BIN) meminta Kepala Daerah untuk memenangkan 03.

🧐 Katanya: “Pak Gibran, usia 36 tahun bisa menjadi Calon Wakil Presiden karena melanggar konstitusi.”
😊 Faktanya: UUD 1945 tidak mengatur batasan usia minimal atau maksimal untuk Calon Presiden / Wakil Presiden. Yang diatur adalah calon harus WNI sejak lahir, tidak pernah melakukan pengkhianatan terhadap negara, dan mampu secara rohani dan jasmani.

🧐 Katanya: “Pembentukan 4 Provinsi baru di Papua adalah untuk memuluskan kemenangan 02 dalam satu putaran.”
😊 Faktanya: Pembentukan UU Provinsi baru di Papua adalah aspirasi daerah, dan disepakati oleh semua partai politik di DPR termasuk pendukung 01 dan 03.

Sesuai anjuran dari pak Prabowo: Marilah kita balas hoaks dengan senyuman dan pencerahan. 😊😊😊 (SENOPATI)
Sumber: Kelompok Kerja Transformasi Bangsa
Sumber: https://prabowosubianto.com/cek-fakta-film-dirty-vote/

Source link