Dien Bien Phu – prabowo2024.net

by -76 Views

Artikel tersebut ditulis oleh Jenderal Vo Nguyen Giap yang diambil dari Buku 2 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Bab III: Catatan Utama Buku-Buku Strategi Militer.

Di dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Jenderal Giap berhasil mengatur serangan Dien Bien Phu dan memukul Prancis dari Vietnam. Dia merinci perencanaan dan pelaksanaan operasi Dien Bien Phu, dengan menekankan pentingnya sinergi antara kekuatan militer dan seluruh kekuatan masyarakat yang disebut sebagai SISHANKAMRATA.

Pada tahun 1954, meskipun kekuatan militer Viet Minh jauh di bawah Prancis, mereka berhasil menewaskan atau menawan 16.000 tentara Prancis. Hal ini menjadi mungkin karena keberhasilan Jenderal Vo Nguyen Giap dalam mengorganisir serangan Dien Bien Phu. Serangan tersebut berlangsung selama dua bulan dan berhasil memutus dukungan logistik udara militer Prancis yang sebagian diberikan oleh CIA Amerika.

Dalam bukunya, Jenderal Giap juga menjelaskan bahwa sekitar 80% dari kekuatan Viet Minh dalam operasi Dien Bien Phu adalah warga sipil yang mendukung militer Viet Minh. Keterlibatan puluhan ribu warga sipil ini memungkinkan Jenderal Giap membuat gua-gua di bukit-bukit, menggeser artileri yang demikian berat melewati dan menembus gunung, serta memberi makan puluhan ribu prajurit untuk berperang total selama dua bulan tanpa henti.

Sumber: https://prabowosubianto.com/dien-bien-phu/

Source link