Berjuang Sama Saya Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin

by -80 Views

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Saya pertama kali mengenal Pak Sjafrie Sjamsoeddin sebagai komandan divisi taruna bagi Angkatan ’74. Kami menjadi teman sejak kami berada di Pavilion 5, Lembah Tidar, AKMIL, dan saat kami sama-sama menjadi siswa kursus kecabangan Infanteri. Kami berlatih para bersama, berlatih komando bersama, dan seterusnya.

Saat kami berpangkat Letnan Dua, kami bertugas di kompi yang sama di bawah Letnan Satu Mujain, seorang lulusan Secapa yang terjun bersama Pak Beni di Merauke dan mendapat Bintang Sakti.

Setelah itu, kami berpisah karena beliau menjadi Komandan Kompi di Kompi 111, dan saya menjadi Komandan Kompi di Kompi 112. Kami melanjutkan karier masing-masing. Beliau menjadi pengawal presiden, menjadi komandan grup di Paspampres, akhirnya juga menjadi komandan Batalyon di Grup 1, menjadi Wakil Asisten Operasi Kopassus, dan Komandan Korem.

Meskipun dianggap dekat dengan Presiden Soeharto, setelah 1998 Pak Sjafrie belum mengalami karier yang lebih tinggi lagi. Namun, beliau tetap membantu saya di Kementerian Pertahanan.

Pak Sjafrie memiliki disiplin pribadi yang sangat tinggi. Beliau tidak pernah menjelek-jelekkan orang lain dan tidak menghambat karya orang lain. Beliau memimpin dengan tenang, cool, dan ing ngarsa sung tulada.

Selain itu, beliau juga seorang penembak yang bagus, memiliki fisik yang baik, tekun, taat, dan teguh pada agamanya. Dalam operasi di Timor Timur, di Aceh, dan di Papua, beliau juga sangat sukses dan dicintai oleh anak buahnya. Menurut saya, beliau adalah salah satu Jenderal terbaik dari generasinya.

Sumber: https://prabowosubianto.com/berjuang-sama-saya-letnan-jenderal-tni-purn-sjafrie-sjamsoeddin/

Source link