BMKG Imbau Masyarakat Pesisir untuk Waspada terhadap Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

by -145 Views

Jumat, 29 Desember 2023 – 07:50 WIB

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi hingga 4 meter pada 29 hingga 30 Desember 2023.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut – timur dengan kecepatan angin berkisar 4 hingga 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari tenggara – barat daya dengan kecepatan 4 hingga 20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia barat Aceh,” katanya.

Dikatakan Eko kondisi itu memicu terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di beberapa perairan di Indonesia, sedangkan gelombang lebih tinggi di kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di beberapa laut di Indonesia.

Adanya potensi gelombang tinggi itu, Eko Prasetyo mengimbau kepada masyarakat, khususnya nelayan, untuk memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran dengan moda transportasi masing-masing.