Jokowi Mengaku Telah Mengunjungi 85 Persen Daerah di Indonesia, Sisanya Tersisa 2024

by -111 Views

Pada Rabu malam, 27 Desember 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa ia akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia hingga akhir masa jabatannya pada 2024 mendatang. Saat ini, Jokowi mengatakan sudah 85 persen mengunjungi seluruh daerah di Indonesia hingga akhir tahun 2023.

Presiden Jokowi mengungkapkan, “Perlu saya ingatkan, negara kita ini negara besar memiliki 714 suku dan lebih dari 1.300 bahasa daerah, betapa kita ini sangat beragam. Saya bisa berbicara seperti ini karena hampir 85 persen daerah di seluruh Tanah Air saya kunjungi, kurang 15 persen dan saya akan selesaikan nanti di tahun 2024.”

Jokowi juga menyatakan bahwa Bangsa Indonesia sungguh beruntung mampu menjaga toleransi dalam keberagaman, kemajemukan serta mampu menjaga persatuan di tengah kebhinekaan, mampu menjaga Bhineka Tunggal Ika. Dia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memupuk rasa toleransi dan moderat dalam beragama.

Presiden Jokowi ingin Indonesia terus memberi contoh pada dunia bahwa keberagaman itu adalah hukum alam yang tidak terhindarkan, perbedaan agama, perbedaan pandangan itu semakin wajar dalam kehidupan modern sekarang ini. Tetapi, pilihan untuk hidup rukun dan penuh kasih sayang adalah sebuah pilihan, baik yang diajarkan Tuhan kepada kita, yang harus kita perjuangkan dan harus kita tumbuh suburkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.