Jokowi Mengatakan Surat Pengunduran Diri Firli Bahuri Belum Diterima Oleh Presiden

by -128 Views

Jumat, 22 Desember 2023 – 11:10 WIB

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa surat yang diajukan Ketua KPK Firli Bahuri untuk mengundurkan diri dari jabatannya belum sampai di mejanya. Namun, dia mengatakan telah diberitahu oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Belum, belum sampai di meja saya. Tetapi, sudah disampaikan ke Mensesneg tapi belum sampai ke meja saya,” kata Jokowi saat ditanyai oleh awak media di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Desember 2023.

Jokowi memastikan bahwa surat pengunduran diri Firli Bahuri masih dalam proses. Dia meminta agar publik bersabar menunggu.

“Semuanya masih dalam proses,” kata Jokowi.

Sebelumnya, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mendesak Jokowi untuk menunda penerbitan Keputusan Presiden atau Keppres terkait pengunduran diri Firli Bahuri sebagai pimpinan KPK hingga proses persidangan etik di Dewan Pengawas KPK selesai. Kurnia curiga bahwa proses sidang etik akan berhenti jika Jokowi menerbitkan Keppres atas pengunduran diri tersebut dalam waktu dekat.

“Firli sebelumnya menyampaikan tak ingin perpanjang masa jabatannya sebagai Ketua KPK. Sebab, Firli memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pimpinan KPK,” kata Kurnia.

Dia juga menambahkan bahwa Firli sudah melaporkan pengunduran dirinya ke Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno. Firli juga meminta maaf kepada Presiden dan masyarakat karena tak menyelesaikan tugasnya sebagai pimpinan KPK.

Dikatakan Firli, ia akan menjalani kehidupan tanpa jabatan dan meminta izin untuk melanjutkan kehidupan sebagai seorang purnawirawan Polri dan rakyat jelata.

Halaman Selanjutnya
Firli sebelumnya menyampaikan tak ingin perpanjang masa jabatannya sebagai Ketua KPK. Sebab, Firli memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pimpinan KPK.