Realistisnya Kursi DPR RI dari Jabar X Menurut Penilaian Caleg PPP Arya Permana Graha

by -102 Views

SiwinduMedia.com – Bendahara Umum DPP PPP Arya Permana Graha, mengatakan bahwa secara realistis PPP hanya akan mendapatkan 1 kursi di DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran). Bahkan 7 partai besar lainnya juga hanya akan mendapatkan masing-masing 1 kursi, sama seperti pada Pileg 2019.

Arya menyampaikan hal tersebut kepada sejumlah wartawan setelah memberikan pembekalan kepada seluruh Caleg DPRD Kabupaten Kuningan dari PPP, di Hotel D’Jehan, Jalan Raya Sangkanhurif, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Sabtu sore (2/12/2023).

“I hitungan realistis kita (untuk DPR RI dari Dapil Jabar X) 1 kursi. Karena potret Pemilu terakhir pada tahun 2019, 7 kursi itu semua dibagi rata 1,” ungkap Arya.

Sebagai Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Dapil Jabar X, Arya menjelaskan bahwa pada Pileg 2019 lalu, terdapat 7 Partai besar yang masing-masing mendapat 1 kursi DPR RI dari Jabar X. Di antaranya adalah H Yanuar Prihatin MSi (PKB), Ardhya Pratiwi S SE MSc (Partai Gerindra), Drs H M Nurdin MM (PDI Perjuangan), DrTr Agun Gunandjar Sudarsa BcIP MSi (Partai Golkar), Dr KH Surahman Hidayat MA (PKS), KH Asep Ahmad Maoshul Affandy SSy (PPP), dan H Didi Irawadi Syamsuddin SH LLM (Partai Demokrat).

“Apa tujuh partai (hasil Pileg 2019) yang mendapatkan masing-masing satu kursi. Dan melihat perkembangan terkini untuk persaingan di DPR RI 2024, hitung-hitungan saya masih masing-masing satu kursi. Sulit. Tidak hanya buat PPP, tapi buat partai-partai yang lainnya pun untuk mendapatkan dua kursi itu sulit,” kata Arya.

Menurut Arya, semua Caleg sudah pasti memiliki pemetaan dan strategi masing-masing terkait dengan potensi di Dapil Jabar X. Arya juga menyimpulkan bahwa potensi untuk dimaksimalkan ada di Kabupaten Kuningan.

“Jadi, oleh karena itu inilah yang saya maksimalkan kaitan dengan konsolidasi silaturahmi, konsolidasi jaringan, dan konsolidasi elektoralnya. Pada saat saya memetakan dan menyimpulkan bahwa ada potensi yang bagus di Ciamis, Banjar dan Pangandaran, berarti Ciamis, Banjar dan Pangandaran pun bisa dikategorikan sebagai daerah yang tidak alot, dan sama saja mudah dengan Kuningan,” tambahnya.