Caleg Harus Berhati-hati dalam Memilih Kekuatan Agar Menang Pemilu 2024

by -96 Views

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kuningan, mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk persiapan dan penugasan bagi calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kuningan dan DPRD Provinsi dalam Pemilu serentak 2024.

Acara tersebut diadakan di Panggung Budaya Resort Prima Sangkanhurip, pada hari Minggu (26/11/2023). Selain ditujukan untuk para caleg, panitia juga mewajibkan setiap caleg membawa tim suksesnya masing-masing sebanyak 5 orang.

Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, perwakilan dari DPW PKB Jawa Barat, serta Anggota DPR RI dari PKB Yanuar Prihatin turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum istirahat, Yanuar Prihatin memberikan materi pembekalan kepada para caleg tentang cara memanfaatkan kekuatan internal dan eksternal yang dimiliki oleh masing-masing caleg.

“Setiap caleg pasti memiliki dua kekuatan, yaitu kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Kedua kekuatan ini perlu diperhatikan, dan setiap caleg bisa menonjolkan salah satunya atau keduanya,” ungkap Yanuar.

Kekuatan eksternal meliputi segala kekuatan di luar diri kita seperti uang, logistik, atribut, dan APK.

“Bagi caleg yang memiliki uang dan logistik, manfaatkanlah dengan baik. Namun bagi yang tidak mampu, masih ada cara lain yang bisa digunakan,” tambahnya.

Yanuar juga menekankan pentingnya memanfaatkan tim sukses atau jaringan yang luas dalam kampanye. Namun, bagi yang tidak mampu, tetap ada cara lain yang bisa digunakan.

Selain kekuatan eksternal, Yanuar juga menjelaskan mengenai kekuatan internal yang meliputi pikiran, hati, kata-kata, dan tindakan.

“Banyak caleg cenderung fokus pada kekuatan eksternal saat dalam musim pemilu. Namun seharusnya kekuatan internal juga perlu diperhatikan agar caleg tidak terjebak masalah yang disebabkan oleh kesalahan strategi,” tutupnya.