Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Melatih 1.979 Pelajar Menjadi Generasi Sadar Lingkungan

by -99 Views

Minggu, 19 November 2023 – 00:26 WIB

Jakarta – Dalam rangka mencetak generasi muda yang peduli lingkungan dan sadar akan isu perubahan iklim, BUMN Perum Perhutani mendukung dan memfasilitasi program pendidikan Gerakan Pemuda Hijau, yang diikuti oleh 1.979 pelajar dari 1.140 Sekolah Menengah Atas atau setara di 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Gerakan Pemuda Hijau adalah program dasar pendidikan lingkungan hidup bagi generasi muda, yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta Institut Hijau Indonesia.

“Program ini adalah wadah bagi generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup,” kata Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, pada Sabtu, 18 November 2023.

Tujuan dari Gerakan Pemuda Hijau adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara melindungi dan mengelola lingkungan hidup, serta untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berbagi cerita dan pengalaman terkait dengan lingkungan hidup.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta isu-isu lingkungan hidup yang aktual.

Denny Ermansyah, Direktur SDM, Umum, & IT Perum Perhutani, menyatakan dukungannya terhadap Gerakan Pemuda Hijau tahun 2023, karena Perhutani turut berkontribusi dalam memfasilitasi 196 peserta di 15 simpul belajar.

Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, KPH Jember, KPH Kediri, KPH Malang, KPH Banyumas Timur, KPH Cepu, KPH Pati, KPH Cianjur, KPH Kuningan, KPH Tasikmalaya, KPH Garut, KPH Purwakarta, KPH Bandung Utara, dan KPH Bandung Selatan, adalah beberapa di antaranya.

“Kami berharap pendidikan Gerakan Pemuda Hijau tahun 2023 dapat melahirkan generasi muda yang kuat dan peduli terhadap lingkungan,” ujar Denny.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, Bambang Hendroyono, dan Ketua Institut Hijau Indonesia, Chalid Muhammad, juga telah melantik para wisudawan dan wisudawati sebagai Duta Lingkungan Hijau di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.