Harga Cabai Melonjak dan Mencapai Rp 100 Ribu per Kg, Menurut Jokowi Hal Ini merupakan Musiman

by -78 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai kenaikan harga beras dan cabai saat melakukan kunjungan kerja ke Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis, 9 November 2023. Kenaikan harga komoditas tersebut membuat masyarakat mengeluh.

“Yang beras kan memang sudah agak lama yang beras. Kalau yang naik tinggi memang cabai, tapi ini kan musiman,” kata Jokowi. Ia melihat bahwa harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil seperti bawang merah, bawang putih, dan telur.

Maka dari itu, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya menurunkan harga bahan pokok terutama beras karena beras merupakan makanan pokok masyarakat di Indonesia. Ia juga menepis kenaikan harga beras karena adanya bantuan sosial (bansos), menyatakan bahwa bansos itu kaya operasi pasar.

Diberitakan sebelumnya, harga penjualan cabai merah di pasar tradisional Koja Jakarta Utara tembus Rp 100 ribu per kilogram (kg). Seorang pedagang di Pasar Koja Baru, Jasnita (49) mengaku heran dengan harga cabai tersebut. Menurutnya, kenaikan harga cabai saat ini sangat jauh dari situasi dua tahun belakangan.