Ganjar: Pembangunan Bandara dan Jalan Tol oleh Jokowi Tidak Menghasilkan Hasil yang Memuaskan

by -104 Views

Rabu, 8 November 2023 – 18:25 WIB

Jakarta – Calon presiden Ganjar Pranowo berbicara tentang pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 10 tahun terakhir. Dia menyoroti kekosongan infrastruktur yang sudah dibangun.

Ganjar awalnya mengatakan bahwa ekonomi dibangun melalui dua program, yaitu infrastruktur dan industri. “Kalau kita lihat infrastruktur yang sudah dilakukan Pak Jokowi selama 10 tahun, ada yang memprotes mengapa bandaranya sepi, pelabuhannya sepi, dan jalan tolnya kok belum menghasilkan,” ujarnya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia pada Rabu, 8 November 2023.

Menurut Ganjar, dari sejumlah infrastruktur yang sudah dibangun, pemanfaatan dari infrastruktur yang telah ada harus ditingkatkan. “Maka utilisasinya yang mesti kita lakukan. Dan hari ini tidak hanya Pemerintah pusat bagaimana mengorkestrasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk di daerah minimal saya pensiunan orang daerah,” ujarnya.

Dengan demikian, Ganjar mengatakan bahwa aktivitas ekonomi tidak hanya terpusat di kota besar, namun ekonomi daerah juga ikut menggeliat. “Minimal kalau dari gambar ini kita mendorong ketika kemudian ada dari keluarga miskin, kita jadikan sarjana dari desa ke kota. Kemudian kita harapkan nanti akan kembali ke desa, dan di desa akan membangun desanya,” ungkapnya.