Meski Senjatanya Tak Sebanding dengan Israel, Anwar Abbas Tetap Yakin Palestina Akan Merdeka

by -104 Views

Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI, Anwar Abbas yakin negara Palestina akan terbebas dari penjajahan Israel. Dia meyakini bahwa warga Palestina akan mencapai kemerdekaan dan kedaulatan negaranya.

Pernyataan tersebut disampaikan Anwar Abbas saat menghadiri aksi bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu, 5 November 2023. Ribuan masyarakat dari berbagai daerah ikut bergabung dalam aksi bela Palestina tersebut.

Anwar Abbas juga menyebut Amerika dan Uni Soviet yang pernah menjajah Afghanistan dengan menggunakan senjata canggih. Namun, kedua negara tersebut akhirnya terpaksa mundur dan meninggalkan negara tersebut.

Lebih lanjut, Anwar Abbas menyebut bahwa rakyat Palestina hanya menginginkan kemerdekaan dan kedaulatan negara. Namun, keinginan tersebut masih belum terwujud hingga saat ini.

Anwar Abbas menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia juga mengutuk penjajahan yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

“Kita menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi ini. Kita berprinsip bahwa kemerdekaan hak segala bangsa. Maka kita harus dan wajib hukumnya untuk membela rakyat dan bangsa terjajah seperti yang dialami rakyat Palestina, dimana mereka sudah dijajah oleh Israel sejak 1948,” tegas Anwar Abbas.