Israel Dituding Menggunakan Fosfor Putih oleh Amnesty International di Lebanon

by -121 Views

Rabu, 1 November 2023 – 18:50 WIB

Gaza – Amnesty International menuduh tentara Israel menggunakan peluru artileri yang mengandung senjata pembakar fosfor putih saat melancarkan operasi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon Selatan antara 10 dan 16 Oktober 2023. Amnesty International menilai insiden paling memprihatinkan terjadi pada 16 Oktober ketika Kota Dhayra menjadi sasaran serangan tanpa pandang bulu.

“Aksi tentara Israel yang menggunakan fosfor putih dengan tanpa pandang bulu merupakan pelanggaran terhadap hukum kemanusiaan internasional yang lebih dari mengerikan,” kata Aya Majzoub, wakil direktur regional Timur Tengah dan Afrika Utara Amnesty International.

Pernyataan dari organisasi HAM ini memunculkan kekhawatiran mengenai terjadinya kejahatan perang selama tentara Israel bertempur. “Dengan meningkatnya kekhawatiran akan semakin sengitnya permusuhan di Lebanon Selatan, tentara Israel harus segera menghentikan penggunaan fosfor putih, terutama di daerah padat penduduk, sejalan dengan janjinya yang sudah terlupakan pada 2013 bahwa akan berhenti menggunakan senjata jenis ini. Israel harus mematuhi komitmennya dan berhenti membahayakan nyawa warga sipil Lebanon,” papar Majzoub.

Amnesty International menuntut penyelidikan atas serangan di Kota Dhayra pada 16 Oktober sebagai kejahatan perang karena merupakan serangan tanpa pandang bulu yang melukai sedikitnya sembilan warga sipil dan menghancurkan bangunan sipil. Penggunaan fosfor putih di Kota Dhayra pada 16 Oktober sangat membahayakan nyawa warga sipil, banyak dari mereka yang dirawat di rumah sakit dan mengungsi, selain menghancurkan rumah dan mobil mereka, kata Amnesty.

Kelompok Hizbullah di Lebanon dan tentara Israel sesekali terlibat baku tembak di sepanjang daerah dekat perbatasan kedua negara sejak konflik Gaza meletus pada 7 Oktober 2023. Pertikaian antara Israel dan Hizbullah itu memunculkan kekhawatiran akan meluas menjadi konfrontasi yang lebih besar sampai ke negara-negara lain di Timur Tengah. (Ant/Antara)

Investasi ke IKN Diperkirakan Rp 45 Triliun hingga Desember, Jokowi: Kecepatannya Cepat Sekali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut investasi pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) bergulir sangat cepat.

Sumber: VIVA.co.id, 1 November 2023.