Alex Tirta, Ketua Harian PP PBSI yang Menyewa Rumah untuk Firli, Ketua KPK

by -123 Views

Rabu, 1 November 2023 – 13:46 WIB

Jakarta – Ketua Harian PP PBSI, Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta akan ditanya soal keterkaitannya dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri perihal penyewaan satu unit rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Rumah tersebut disewa oleh Alex untuk Firli. Harga sewanya mencapai Rp 650 juta pertahunnya. Rumah tersebut digunakan oleh Firli sebagai safe house. Nah, VIVA kali ini akan membagikan profil dari sosok Alex Tirta sebagai berikut:

Sosok Alex Tirta
Alex Tirta memiliki nama lengkap Tirta Juwana Darmadji. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Provinsi Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) DKI Jakarta. Alex Tirta memulai karirnya di PBSI sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI DKI Jakarta.

Ia pertama kali terpilih menjadi ketua pada periode 2015-2019 menggantikan Icuk Sugiarto. Kemudian, Alex Tirta kembali terpilih sebagai ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta untuk periode 2019-2023. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi PBSI DKI Jakarta pada Maret 2019.

Alex Tirta menjadi pengurus pusat PBSI pada periode 2016-2020. Saat itu, ia menjabat sebagai Ketua Harian di bawah kepengurusan Wiranto.

Setelah periode tersebut berakhir, PBSI memiliki Ketua Umum baru, yakni Agung Firman Sampurna, yang memimpin PBSI untuk periode 2020-2024. Meski ada perubahan kepemimpinan utama, Alex Tirta tetap dipilih sebagai Wakil Ketua Umum I yang bertanggung jawab dalam pembinaan prestasi, pelatnas, pengembangan prestasi, dan sains olahraga.

Tidak hanya sebagai pengurus PBSI, Alex Tirta juga dikenal sebagai pengusaha. Ia pernah menjadi pemilik Alexis Group dan memiliki beberapa hotel, griya pijat, dan tempat hiburan malam di ibu kota.

Beberapa tempat usaha tersebut berada di bawah PT Grand Ancol Hotel, perusahaan yang didirikan oleh Alex Tirta. Ia juga pernah menghadapi masalah dengan pihak kepolisian terkait perizinan tempat hiburan malam dan gugatan para produser terkait royalti lagu di tempat karaoke miliknya.

Sebelum dikenal dengan nama Alexis Group, Malio Group melalui Stadium Club juga pernah merajai dunia hiburan malam di Jakarta pada pertengahan 2014. Namun setelah ditutupnya Stadium oleh Gubernur Jakarta saat itu, penguasaan dunia malam di Jakarta beralih ke tangan pesaingnya yaitu Alexis Group. Melalui Alexis Hotel, Alexis Group menjadi raja baru dalam dunia hiburan malam di Jakarta dan dikenal hingga dunia internasional.

Namun, ketenaran Hotel Alexis mulai meredup setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 27 Oktober 2017 tidak memperpanjang izin usaha Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis yang diajukan oleh PT Grand Ancol Hotel sebagai pengelolanya.

sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1528905-kenalan-ajaib-pemilik-uang-klarifikasi-kenapa-rumah-kartanegara-jadi-punya-ketum-kpk-firli-bahuri