Warga Gaza Terpaksa Membobol Gudang Makanan Milik PBB karena Kesulitan Mendapatkan Makanan

by -101 Views

Gaza – Saat ini, warga Gaza yang berada di bawah pengepungan Israel menghadapi kesulitan dalam memperoleh makanan. Badan bantuan PBB melaporkan bahwa ribuan warga Palestina, yang putus asa akibat pengepungan dan serangan yang telah berlangsung selama tiga minggu, memasuki beberapa gudang penyimpanan mereka di Jalur Gaza.

Mereka mengambil gandum, tepung, dan barang kebutuhan pokok lainnya. “Ini adalah tanda yang mengkhawatirkan bahwa tatanan sipil mulai terganggu setelah tiga minggu perang dan pengepungan yang ketat,” kata Thomas White, direktur Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) Gaza.

Pada hari Minggu, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, kembali mengimbau untuk menghentikan pertumpahan darah dan sepakat untuk gencatan senjata guna mengakhiri mimpi buruk tersebut. “Situasi di Gaza semakin memprihatinkan. Saya menyesal bahwa Israel justru meningkatkan operasi militer mereka daripada memberlakukan jeda kemanusiaan yang sangat dibutuhkan dan didukung oleh komunitas internasional,” kata Guterres.

Israel telah memberlakukan pengepungan total di daerah Palestina yang dihuni oleh 2,3 juta orang setelah serangan Hamas ke Israel. Meskipun Israel telah mengizinkan pasokan kebutuhan dasar dan obat-obatan secara terbatas, upaya sedang dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak pasokan makanan, air, bahan bakar, dan obat-obatan di daerah yang telah mengalami serangan intensif sejak 7 Oktober.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa jumlah korban tewas di kalangan warga Palestina telah mencapai lebih dari 8.000 orang, sebagian besar di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan “tahap kedua” dalam perang setelah tank dan infanteri menyerbu Gaza pada akhir pekan.

Pada akhir pekan, serangan yang digelar oleh Israel digambarkan oleh warga Gaza sebagai perang paling intens, yang memutus komunikasi di wilayah tersebut sejak Jumat malam, sehingga sebagian besar penduduk terisolasi dari dunia luar.

Militer Israel mengatakan bahwa dalam 24 jam terakhir mereka telah menyerang lebih dari 450 target, termasuk pusat komando Hamas, pos pengamatan, dan posisi peluncuran rudal anti-tank. Dilaporkan bahwa lebih banyak pasukan darat dikirim ke Gaza semalam.

UNRWA menyediakan kebutuhan dasar di Gaza, dan banyak pengungsi Palestina mencari perlindungan di sekolah-sekolah UNRWA. Beberapa rumah sakit telah ditutup dan yang lainnya hampir tutup karena kekurangan bahan bakar. “Persediaan di pasar hampir habis, sementara bantuan kemanusiaan yang masuk ke Jalur Gaza dari Mesir tidak mencukupi,” kata UNRWA.

Juliette Touma, juru bicara UNRWA, mengatakan bahwa massa telah menyerbu empat fasilitas pada hari Sabtu. Ia mengatakan gudang-gudang tersebut tidak memiliki pasokan bahan bakar sama sekali, karena pasokannya sangat sedikit sejak Israel menghentikan semua pengiriman setelah perang dimulai.

Salah satu gudang yang dijarah terletak di Deir el-Balah, tempat UNRWA menyimpan pasokan dari konvoi kemanusiaan yang datang dari Mesir.

UNRWA menyatakan bahwa kemampuannya untuk membantu masyarakat di Gaza telah melemah akibat serangan udara yang telah menewaskan lebih dari 50 stafnya dan membatasi pergerakan pasokan.

Lebih dari 613.000 dari 1,4 juta pengungsi dalam Gaza mencari perlindungan di 150 fasilitas UNRWA di seluruh wilayah yang terkepung.