Prabowo Mengungkapkan Alasan Gibran Tidak Hadir saat Deklarasi Cawapres

by -87 Views

Gibran Rakabuming Raka tidak hadir saat ia dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto. Deklarasi tersebut dilakukan oleh Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu (22/10/2023) malam.

Menurut Prabowo, Gibran tidak hadir dalam pengumuman resmi tersebut karena pengumuman tersebut sudah dihadiri oleh para pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pengumuman KIM tersebut juga sekaligus sebagai deklarasi resmi KIM mengenai calon wakil presiden pendampingnya.

“Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk periode 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden KIM. Ini sekaligus merupakan deklarasi yang kami sampaikan kepada masyarakat,” ujar Prabowo.

Deklarasi tersebut disampaikan oleh Prabowo setelah rapat dengan beberapa ketua umum KIM, antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Prabowo mengatakan bahwa dengan pengumuman ini, tidak akan ada deklarasi capres-cawapres dari KIM besok.

Dia juga mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

“Tidak ada deklarasi di JCC, saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi, ini merupakan keputusan aklamasi, bulat, dan konsensus. Kita siap maju untuk Indonesia maju,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa yang diundang dalam forum tersebut hanyalah ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik di KIM.

“Benar memang undangannya pertemuan ketua umum dan sekjen KIM,” ungkap Dasco.