Mahfud MD Resmi Ditetapkan Sebagai Calon Wakil Presiden Bersama Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024

by -117 Views

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD resmi ditunjuk sebagai calon wakil presiden (cawapres) oleh Ganjar Pranowo dalam pilpres 2024. Pengumuman ini dilakukan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023) pagi. Megawati didampingi oleh para ketua umum partai koalisi pro Ganjar, yaitu Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). Ganjar dan Mahfud juga hadir dalam pengumuman ini.

“Saya dengan bismillahirrahmanirrahim mengumumkan calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Mahfud MD,” ujar Megawati. Megawati juga menyebut Mahfud sebagai sosok yang tidak asing, karena mereka pernah bekerja sama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Megawati juga memuji Mahfud sebagai seorang intelektual yang handal.

“Saya melihat pengetahuan beliau di bidang hukum sangat penuh pengalaman,” kata Megawati.

Selain itu, Megawati menyebut Mahfud memiliki pengalaman di ranah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Mahfud juga dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik.

Pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 dilakukan oleh KPU pada tanggal 19-25 Oktober 2023. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen administratif pada tanggal 19-28 Oktober 2023. Penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada tanggal 13 November 2023. Sedangkan penetapan nomor urut pasangan calon dijadwalkan pada tanggal 14 November 2023.